Kamis, 10 November 2011

" microsoft excel "


DAFTAR ISI
Daftar isi 1

 

 

 

 

 

 

 

 

Microsoft excel
 


BAB I

PENDAHULUAN

I.I.                   LATAR BELAKANG

Sejarah Microsoft Excel
            Microsoft Excel adalah salah satu software (piranti lunak) jenis spreadsheet yang dibuat oleh perusahaan raksasa Microsoft, perusahaan yang juga membuat sistem operasi Windows yang terkenal itu. Microsoft Excel dapat berdiri sendiri atau merupakan bagian dari Microsoft Office, suatu suite programme (gabungan beberapa program namun berfungsi sebagai satu kesatuan program/saling terkoneksi satu sama lain).
            Piranti lunak (software) type spreadsheet mulai dikenal ketika diperkenalkannya software VisiCalc pada suatu pameran komputer di Amerika tahun 1979. Saat itu VisiCalc masih diperuntukkan untuk komputer berbasiskan Sistem Operasi UNIX. Program ini kemudian dibeli oleh perusahaan Lotus. Akhirnya Lotus membuat software spreadsheet sendiri yang dibuat berdasarkan pengembangan dari VisiCalc yang diberi nama Lotus 1-2-3. Lotus 1-2-3 menjadi standard software spreadsheet untuk beberapa waktu lamanya sebelum kemudian Microsoft mempopulerkan produk Excel-nya dengan basis Windows (Microsoft Excel 4.0 for Windows). Semenjak itulah Microsoft Excel memimpin aplikasi software spreadsheet
Cara Kerja Excel
a. Sel
            Excel menggunakan satuan penyimpan data yang disebut Cell/sel. Setiap sel mampu menampung angka, label, atau rumus. Seperti terlihat pada gambar 2, kotakkotak dalam tampilan Microsoft Excel tersebut menunjukkan sel. Operasi dalam Excel dilakukan dalam sel tersebut. Sel tersebut memiliki alamat sesuai dengan Baris dan Kolom. Kolom diwakili oleh huruf A s/d Z,kemudian berlanjut AA,AB dan diakhiri dengan IV. Sedangkan baris diwakili olehPerpindahan antar Sel
Untuk berpindah dari satu sel ke sel lain dapat digunakan tombol panah (←↑→↓) pada keyboard. Apabila sel yang diinginkan tidak tampak di layar maka gunakan scroll bar Angka 1 s/d 65.536

Perpindahan antar Sel
            Untuk berpindah dari satu sel ke sel lain dapat digunakan tombol panah (←↑→↓) pada keyboard. Apabila sel yang diinginkan tidak tampak di layar maka gunakan scroll bar

Range
            Operasi dalam excel mengenal istilah range. Range adalah kumpulan dari beberapa sel. Ini dapat berupa gabungan antara 2 sel s/d ribuan sel. Misalnya range antara B4 hingga F17 maka disebut Range B4:F17.


Worksheet
Di sebelah kiri bawah program excel yang aktif akan tampak sheet 1, sheet 2 dan sheet 3. Ini menunjukkan lembar kerja (worksheet) yang disediakan oleh program excel. Dalam satu file excel bisa terdiri dari beberapa worksheet sesuai kebutuhan. i. Untuk menambah worksheet gunakan langkah berikut ini Klik Kanan >> Insert >> Worksheet >> Ok ii. Untuk menghapus worksheet gunakan langkah berikut ini Klik Kanan >> Delete >> Tekan Enter iii. Untuk mengubah nama worksheet gunakan langkah berikut ini Klik Kanan >> Rename >> Ubah nama worksheet
iv. Untuk mengatur urutan worksheet gunakan langkah berikut ini
Klik Kanan >> Move or Copy >> Pilih akan dipindah ke mana
[PDF]

I.II.      RUMUSAN MASALAH

& Apa itu Microsoft excel ?
& Apa fungsi atau kegunaan dari Microsoft excel ?
& Bagaimana perkembangan dari Microsoft excel ?
& Apa-apa saja yang terdapat di dalam Microsoft excel ?
& Bagaimana cara membuat table pada Microsoft excel?
& Apa perbedaan dari Microsoft excel 2003 , 2007 & 2010 ?
& Apa saja fitur-fitur yang terdapat di dalam Microsoft excel ?

I.III.    TUJUAN

¯  Mahasiswa mengetahui tentang Microsoft excel.
¯  Mahasiswa mengetahui fungsi atau kegunaan dari Microsoft excel.
¯  Mahasiswa mengetahui perkembangan dari Microsoft excel .
¯  Mahasiswa mengetahui apa saja yang terdapat di dalam Microsoft excel .
¯ 
·         Microsoft excel  *
Mahasiswa mengetahui perbedaan dari Microsoft excel 2003 , 2007 & 2010
¯  Mahasiswa mengetahui saja fitur-fitur yang terdapat di dalam Microsoft excel
 

BAB II

MICROSOFT OFFICE EXCEL

II.I.      PENGERTIAN MICROSOFT EXCEL

Microsoft Excel (Windows)

Spreadsheet kosong Microsoft Excel 2007 yang dijalankan di 
Windows Vista.
Versi rilis terbaru
12.0.6014.5000 / 2007
Jenis

Microsoft Excel (Mac OS X)

Spreadsheet Microsoft Excel 2004 dijalankan di 
Mac OS X 10.5.
Versi rilis terbaru
2004 v11.3.7 / 8 Mei,2007
Versi pratayang terbaru
2008 v12.x
            Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paketMicrosoft Office System 2007.
            Pengertian Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika). Program ini sering digunakan oleh para akutan untuk menuliskan atau mencatat pengeluaran dan pemasukan didalam perusahaan atau suatu lembaga maupun instansi-instansi kecil. Microsoft Excel juga sering digunakan oleh ibu rumah tangga untuk menulis atau mencatat keuangan dalam rumah tangga sepertihalnya pengeluaran atau pemasukan dalam tiap bulan atau minggu.
            Microsoft Excel adalah program kedua yang mandasar dalam suatu computer setelah Microsoft Word, keduanya saling berkaitan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak para akutan yang mengerti dan bisa mengoprasikan program ini tapi bukan hanya seorang akuntan saja yang bisa anak smp pun juga bisa mengoprasikan program ini, karena dibangku smp kita telah mempelajari tentang Microsoft Excel.
            Microsoft Excel sangat berguna untuk masalah-masalah keuangan bahkan utang piutang pun juga bisa dicatat dalam program ini. Para ahli computer menciptakannya untuk mempermudah kita dalam keuangan dalam kehidupan kita.
            Didalam program ini kita dapat membuat grafik menggunakan program Microsoft Excel. Dengan cara menggunakan bantuan tombol Toolbar Chart Wizard. Kita dapat memilih grafik dengan bentuk yang kita ***, seperti bentuk lingkaran, garis, kolom, area, radar, dan scatter. Kita dapat memilihnya dengan cara mengklik Tab Custom Types.
            Didalam program ini kita juga dapat menggunakan Wordart semacam bentuk huruf atau model huruf yang merupakan variasi teks dan juga toolbar drawing yang digunakan untuk membuat garis, kotak, dan lingkaran. Kita dapat menggunakannya dengan cara mengklik insert, pilih picture setelah itu klik Wordart maka akan tampil variasi huruf yang menarik.
Microsoft Excel memiliki fasilitas yang sangat modern yaitu pengurutan data secara otomatis. Cara pengurutannya juga dapat dibedakan menjadi 2 yaitu 1. Ascending atau pengurutan mulai data yang terkecil sampai terbesar.


II.II.    FUNGSI MICROSOFT OFFICE EXCEL

            Microsoft excel 2003 mempunyai fungsi yang beraneka ragam. Kegunaannya adalah sebagai berikut mengurutkan data, menjumlah sub total dan grand total, mengedit teks secara langsung di sel, menjumlah secara otomatis dengan autosum, membuat grafik secara cepat dan mudah denga fungsi chard wizard, mencetak dengan proporsi bebas.
·         Microsoft excel  *
 

II.III.   PERKEMBANGAN MICROSOFT EXCEL

Versi
Tahun
Keterangan
2
1987
Excel semula dikembangkan untuk PC berbasiskan Apple-MacIntosh. Produk pertama bagi PC-IBM langsung memakai Versi 2.0, semata-mata untuk menyeragamkan versi Excel untuk Macintosh yang sudah mencapai versi 2.0.
3
1990
Menyertakan toolbar, kemampuan menggambar, grafik 3-D (tiga dimensi) dan beberapa tambahan fasilitas lainnya.
4
1992
Adalah versi yang terpopuler. Menyertakan banyak fasilitas tambahan lainnya. Versi Microsoft Excel for Windows dikeluarkan
5
1993
Perbaikan besar-besaran, termasuk kemampuan menampilkan beberapa lembar kerja sekaligus dalam suatu workbook.
7*
1995
Dikenal juga sebagai Excel 95. Penomoran versi langsung melompat ke versi- 7 tanpa ada versi-6, semata-mata agar terdapat keseragaman versi dengan software yang terintegrasi dalam Microsoft Office for Win’95. Versi ke-7 dari Excel dengan kemampuan 32-bit pertama walau fasilitasnya sebagian besar sama dengan versi 5.
8
1997
Dikenal juga sebagai MS-Excel 97.
9
1999
Dikenal juga sebagai MS-Excel 2000. Mengenali format bahasa HTML.
10
2001
Dikenal juga sebagai MS-Excel XP (Experience).




* No proceeds without sweat *
 




BAB III

MICROSOFT OFFICE EXCEL 2003

            III.I.    PENGENALAN MICROSOFT EXCEL 2003

            Microsoft Excel 2003, untuk selanjutnya disingkat Excel (untuk memudahkan membaca tutorial ini), adalah program aplikasi yang bisa digunakan untuk menghitung, memproyeksikan, menganalisa, dan mempresentasikan data. Disini kita akan banyak bersinggungan dengan metode pembuatan tabel, formula dan grafik yang sangat dibutuhkan sekali dalam penyusunan data2 penelitian, data usaha dan atau hal-hal lain yang berhubngab dengan fungsi excel dalam kehidupan sehari-hari.

            Untuk memulai
excel klik shortcut excel di desktop komputer anda, atau masuk ke startmenu =>Programs => Microsoft Office => Microsoft Excel 2003

            Untuk memudahkan dalam pembahasan selanjutnya saya akan mencoba memberi gambaran tentang lembar Excel. (Untuk memperbesar gambar silahkan klik gambar)



            Tombol Perintah di excel




            Untuk memulai mengetik (memasukkan data) Klik atau arahkan kursor ke sel (cell) yang diinginkan (pakai tombol panah yang ada di keyboard), jika teksnya panjang melebihi ukuran sel maka lebar cellnya bisa diubah dengan melakukan drag (geser) pada tepi judul kolom. Setelah selesai mengetik data selalu diakhiri dengan menekan enter

Cara Memperbaiki Kesalahan Pengetikan Bila ada kesalahan pengetikan data, anda dapat  memperbaikinya dengan mengikuti langkah berikut ini :
1. Pilih sel yang datanya ingin diperbaiki, lalu tekan F2. Atau double klik tombol kiri mouse pada sel yang datanya ingin diperbaiki.
2. Selanjutnya perbaiki data yang salah tersebut kemudian tekan tombol Enter bila sudah selesai.

- Untuk menyimpan data  Pada menu bar pilih File=>Save

- Untuk keluar dari excel, bisa dengan cara:
a. Pada menu bar pilih File => Exit, atau
b. Pada title bar di pojok sebelah kanan bagian atas klik tombol tanda X
Sebelum belajar Ms. Excel untuk lebih memudahkan belajar ilmu excel maka kita harus terlebih dahulu mengenal menu yang ada di Ms. Excel. baiklah dalam artikel kali ini saya akan memberikan beberapa keterangan dan jenis jenis menu Ms. Excel 2003
Berikut merupakan Menu - menu pada Ms. Excel 2003

A. Menu File
  • New, Membuat lembar kerja baru.
  • Open, Membuka file yang pernah disimpan baik di harddisk, CD ataupun disket.
  • Close, Menutup jendela workbook yang aktif
  • Save, Menyimpan workbook yang masih aktif.
  • Save As, Menyimpan workbook yang belum diberi nama atau menyimpan workbook dengan nama baru.
  • Save As Web Page, Menyimpan workbook ke dalam halaman Web.
  • Save Workspace, menyimpan workbook aktif sebagai file workspace.
  • Web Page Preview, Melihat tampilan halaman web yang dibuat dan yang akan dicetak.
  • Page Setup, Mengatur setting halaman workbook yang akan dicetak, seperti header atau footer, margin, dan ukuran kertas.
  • Print Area, Untuk menentukan daerah lembar kerja yang akan di cetak.
  • Print Preview, Melihat lembar kerja sebelum dicetak.
  • Print, Mencetak lembar kerja
  • Send To, mengirim lembar kerja ke penerima e-mail (Mail Recipient), mengirim lembar kerja ke penerima tertentu berdasarkan rute pengiriman tertentu (Routing Recipient), mengirim lembar kerja ke folder Microsoft Exchang (Exchange Folder), Mengirim lembar kerja yang aktif sebagai fax (Fax Recipient), mengirim lembar kerja ke program PowerPoint sebagai slide.
  • Properties, Membuat ringkasan file workbook yang aktif
  • Exit, Keluar dari Ms. Excel dan menutup seluruh lembar kerja


B. Menu Edit
  • Undo, Membatalkan perintah yang terakhir dilakukan.
  • Repeat, Mengulangi perintah terakhir yang pernah dibatalkan dengan perintah Undo.
  • Cut, Memotong sebagian atau seluruh data (nilai, rumus, hyperlink, komentar) dalam range atau sel lain di dalam satu lembar kerja atau antar lembar kerja.
  • Copy, Menyalin (copy) data (nilai, rumus, komentar, hyperlink) dari satu rang atau sel ke rang atau sel lain di dalam satu lembar kerja atau antar lembar kerja.
  • Paste, fasilitas ini mendukung perintah Cut dan Copy data yang ada di lembar kerja.
  • Paste Special, Fasilitas ini juga endukung perintah Cut dan Copy data yang ada di lembar kerja.
  • Paste as Hyperlink, fasilitas ini mendukung peirntah Cut dan Copy terhadap hyperlink pada lembar kerja atau data yang digunakan sebagai hyperlink.
  • Fill, mengisi data pada sel atau range di lembar kerja ke bawah, atas, kanan, kiri, antara satu sheet ke sheet lain dan mengurukan data dengan cepat.
  • Clear, Membersihkan atau menhapus semua data (All), format data (formats), komentar (comments) dan isi data (contents) yang ada di lembar kerja.Delete, Menhapus data atau memindahkan data pada lembar kerja (sel, range, kolom, dan baris).
  • Delete Sheet, Fasilitas menghapus sheet pada lembar kerja anda.
  • Move or Cop Sheet, Memindahkan atau menyalin sheet pada lembar kerja atau antar lembar kerja.
  • Find, Mencari data nilai, rumus atau formula, dan komentar pada lembar kerja.
  • Replace, Mengganti data pada lembar kerja menjadi data baru.
  • Go To, Memindahkan letak sel aktif ke sel lain, komentar, rumus, konstanta dan yang lainnya.
  • Links, Menampilkan atau mengubah setiap link yang ada di file aktifyang mencakup nama dan tempat file sumber, data dan tipe
  • Object, Mengedit object yang berasal dari insert yang berhubungan dengan Link (Object, ClipArt) dan lain-lain.


C. Menu View
  • Normal, Menampilkan lembar kerja Ms. Excel dalam status normal.
  • Page Break Preview, Melihat hasil pemotongan halaman pada lembar kerja.
  • Toolbars, Memunculkan toolbar Ms. Excel yang terdiri dari : Standard, Formatting, Chart, Control Toolbox, Drawing, External Data, Forms, Pictore, PivotTabel, Reviewing, Visual Basic, Web, WordArt, dan Customize
  • Formula Bar, Menampilkan Status Bar (Baris Status) berisi teks untuk menjelaskan status operasi untuk digunakan selanjutnya.
  • Header dan Footer, Membuat header dan footer sebagai efek cetakan.
  • Comments, menampilkan toolbar Reviewing dan Comment pada lembar kerja.
  • Custom Views, menyimpan beberapa area cetak di dalam workbook.
  • Full Screen, Menampilkan lembar kerja satu tayanyan penuh.
  • Zoom, Mengubah ukuran penampilan lembar kerja Ms. Excel.


D. Menu Insert
  • Cells, Menyisipkan sel berisi data atau sel kosong yang berbentuk satu sel, satu baris sel, satu kolom sel, beberapa baris sel dan beberapa kolom.
  • Rows, Menyisipkan satu baris sel.
  • Columns, Menyisipkan satu kalom sel.
  • Woorksheet, Menyisipkan lembar kerja atau menyisipkan grafik (Chart)
  • Page Break, Untuk membuat potongan halaman (ditandai dengan garis putus-putus) yang tercetak menjadi beberapa bagian halaman.
  • Function, Menyisipkan fungsi logika, database, statistic, trigonometeri, financial pada lembar kerja

  • Name, Untuk menyisipkan nama rang data, menampilkan nama range data dan membuat rang untuk label pada lembar kerja.
  • Comment, Memberikan komentar ke lembar kerja.
  • Pictore, Untuk menyisipkan gambar dari fasilitas ClipAt, From File (biasanya file hasil Scan), AutoShapes, Organization Chart, WordArt dan From Scanner or Camera.
  • Object, Menyisipkan object yang pernah dibuat dengan Ms. Word.
  • Hyperlink, Menyisipkan teks dan gambar hyperlink pada lembar kerja untuk membuat shortcut dalam membuka lembar kerja yang tersimpan di harddisk, internet, server jaringan dan lain-lain.


E. Menu Format
  • Cells, Menentukan format sel yang akan dibuat baik format angka, font, border, dan yang lainnya.
  • Row, Mengatur tinggi baris pada satu sel atau beberapa sel dan menyembunyikan atau menampilkan baris.
  • Column, Mengatur lebar kolom, menyembunyikan dan mengembalikan kembali kolom yang telah disembunyikan.
  • Sheet, Memformat sheet yang sedang aktif.
  • AutoFOrmat, Menggunakan fasilitas format yang disediakan Ms. Excel untuk membuat format table yang terdapat pada kotak dialog AutoFormat.
  • Conditional Formatting, Untuk memmformat nilai-nilai dalam sel yang di sorot pada lembar kerja.
  • Style, Memformat dan mengubah


F. MenuTools
  • Spelling, Memeriksa data pada lembar kerja yang diaktifkan yang mencakup memeriksa sel berisi angka, nilai, komentar, grafik, kotak teks, header dan footer.
  • Autocorrect, Mengubah, menghapus dan mengoreksi data yang ada pada lembar kerja secara otomatis.
  • Share Workbook, Untuk berpindah ke modus share workbook dimana memungkinkan kita sendiri atau pengguna yang lain dalam suatu jaringan computer untuk mengubah dan menyimpan workbook yang persis sama isinya.
  • Track Changes, Melihat pengubahan data yang dilakukan atau oleh pengguna lain berdasarkan waktu, siapa dan dimana pengubahanitu terjadi di dalam jaringan computer.
  • Merge Workbooks, Menggabungkan (merger) pengubahan dari beberapa share workbook ke sebuah workbook.
  • Protection, mengamankan data atau memproteksi sheet, workbook dan share workbook.
  • Onlaine Collaboration, Menyusun dan mengadakan pertemuan beserta dengan jadwalnya. Fasilitas in terdiridari : MeetNow, Schedule Meeting dan Web Discussion.
  • Goal Seek, Mengubah nilai pada rumus sesuai dengan keinginan pada sel atau pada grafik.
  • Scenarios, Membuat, menampilkan, menghapus, mengedit scenario dan membuat ringkasan laporan scenario pada lembar kerja Ms. Excel
  • Auditing, Meletakkan rumus yang menggunakan nilai pada sel aktif, mengatur sel yang meletakkan data ke rumus, menyembunyikan nilai yang salah pada sel, mencirikannilai yang salah pada sel, mengatur sel pada lembar kerja lain yantuk meletakkan data pada rumus dan memindahkan satu atau lebih tingkat dari panan perunut (tracer).
  • Macro, Membuat atau mejalankan program macro, mengedit atau menghapus macro yang di buat.
  • Add-Ins, Mengaktifkan atau menonaktifkan program Add-ins milik Ms. Excel
  • Customize, Menata toolbar, menambahkan command baru, membuat menu dan toolbar sesuai dengan keingingan pengguna.
  • Options, Menuntun kita dalam menggunakan delapan tabulasi : View, Calculation, Edit, General, Transition, Custom Lists, Chart, Color.








G. Menu Data
  • Sort, Mengurutkan (sorting) data dari yang terbesar ke terkecil atau dari yang terkecil ke terbesar.
  • Filter, Mengurutkan dan mengelola daftar data.
  • Form, Menangani record yang ada dalam daftar yaitu membuat atau menambah record, menghapus record, menampilkan criteria record yang dihapus, menemukan record sebelumnya, menemukan record selanjutnya dan menentukan criteria record.
  • Subtotals, Menghitung nilai subtotal dan total akhir suatu daftar.
  • Validation, Membatas jenis data yang dapat dimasukkan dalam sel dan range yang mencakup angka bulat, angka decimal atau teks.
  • Table, membuat satu atau lebih variable data pada table dan menambah rumus pada satu variable data yang ada dalam table.
  • Teks to Columns, Mengubah data berbentuk teks menjadi kolom pada lembar kerja.
  • Consolidate, konsolidasi data berdasarkan pada posisi, kategori, menambah daerah sumbar data lain untuk konsolidasi, memperbaharui konsolidasi jika data diubah, mengubah acuan sumber data dalam konsolidasi, menghapus sumber daerah acuan dari konsolidasi.
  • Group and Outline, Menggabungkan (Group) dan pembingkaian (Outline) data yang pada lembar kerja seperti object, numeric, dan lainnya.
  • Pivot Table and PivotChart Report, membuat table pivot dan grafik pivot di lembar kerja.
  • Get External Data, melakukan sesuatu yang berhubungan dengan data eksternal seperti Web Query, database query dan lainnya.
  • Refresh Data, menyegarkan kembali data yang diperoleh dari data luar (external) dan table fivot.


H. Menu Window
  • New Window, Memperlihatkan lembar kerja yang sedang di edit pada jendela baru (new window).
  • Arrange, Mengatur jendela dari workbook aktif agar dapat melihat seluruh workbook aktif tersebut.
  • Hide, Menyembunyikan workbook aktif.
  • Unhide, Menampilkan kembali workbook yang disembunyikan.
  • Split, Membagi lembar kerja dari workbook aktif menjadi beberapa bagian.
  • Freeze Panes, Membekukan bagian lembar kerja agar kita tetap dapat melihat sel yang ada di bagian bawah atau kanan lembar kerja

  • I. Menu Help


  • Microsoft Excel Help, Menampilkan fasilitas Office Assistant dengannama logo berturut seperti: Clippit, The dot, F1, The Genius, Office Logo, Mother Nature, Links, dan Rocky.
  • Show the Office Assistant, Melihat keterangan dari topic terpilih secara langsung tanpa melalui fasilitas Help.
  • What’s This?, Memberikan penjelasan dan fungsi perintah Excel dengan menampilan teks pada toolbar.
  • Office on the Web, Koneksi internet pada situs office pada Web.
  • Lotus 1-2-3 Help, melihat penjelasan bagaimana cara perintah dalam Lotus 10203 diaplikasikan pada Excel.
  • Detect and Repair, Mendeteksi dan memperbaiki kesalahan pada Excel.
  • About Microsoft Excel, Melihat penjelasan tentang Excel dan konfigurasi computer yang digunakan.



No fish can be caught without beat
 



BAB IV

MICROSOFT EXCEL 2007

            Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih mudah.

IV.I Cara memulai aplikasi Microsoft Excel 2007

Langkah-langkah:
Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.
Setelah muncul tampilan menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office dan Pilih Microsoft Excel.
Muncul Gambar 1.1

IV.II  Mengenal Elemen-elemen Microsoft Excel 2007

Sebelum melakukan pengolahan data pada Microsoft Excel, terlebih dahulu kita harus  mengetahui elemen-elemen yang ada di Microsoft Exel
 Gambar IV.1
 Tampilan di layar saat Microsoft Office 2007 dijalankan




Unsur-unsur utama Layar Microsoft Excel 2007:
 1) Judul
Judul menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja yang aktif.
2) Office Button
Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat  dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish   dokumen.


3) Akses Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)
Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses  
berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya.

4) Toolbar
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.

5) Help
Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut. Ms Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.
6) Lembar Kerja (Workbook)
Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan tombol pengendali.
7) Cell
8) Nomor Baris
9) Nomor Kolom
10) Nama Range
11) Fungsi
12) Penggulung vertical dan horisontal

Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung layar vertikal dan horisontal.


IV.III  Memulai Buat Dokumen

 Pada sub bab ini, kita akan membuat dokumen sebagai contoh pengelolaan data sederhana. Dari contoh pengelolaan data sederhana kita akan belajar tentang cara pengetikan di excel, alignment, cara memformat huruf, cara memformat tabel dan cell, dan memanfaatkan fasilitas Autofill. Berikut contoh pengelolaan data yang pertama seperti pada Gambar 1.2.
 

Langkah-langkah membuat dokumen daftar unit kerja seperti pada Gambar 6.2 adalah sebagai berikut:
1. Buat Judul dan Sub Judul Laporan
# Arahkan kursor pada Cell A1 (Kolom A dan Baris 1), kemudian ketikkan tulisan “Daftar Unit Kerja”           pada Cell aktif tersebut.
# Kemudian ketikkan sub judul laporan pada Cell A3, A4, A5, D4 dan D5 seperti pada tampilan                    dibawah ini:

# Buat data tabel pada Laporan dengan memulai pengetikan pada A7 sampai F7 untuk judul tabel           dan A8, A9, B8, B9, dst untuk data pada tabel.
 

2. Penggunaan Cell
# Untuk membuat Judul Laporan letaknya di tengah-tengah tabel maka arahkan kursor ke A1                      kemudian select cell mulai A1 sampai F1. Kemudian klik tombol Merge Cell   agar judul                    laporan terletak ditengah-tengah tabel.
 
# Agar huruf pada judul laporan dan tabel tebal maka arahkan kursor pada cell kemudian klik tombol        Bold   atau dapat juga melakukan format font lainnya seperti underline   atau italic  .

3. Penggunaan AutoFill

 Pada kolom No, KODE dan NAMA UNIT dapat digunakan Autofill agar lebih cepat dalam memasukkan data yang berulang. Fasilitas ini diaktifkan ketika kotak hitam kecil yang disebut fill handle digeser di atas cell-cell baru. Fill handle berada di ujung kanan bawah cell aktif atau range cell yang dipilih. Ketika menempatkan pointer cell di atas fill handle, pointer cell berubah menjadi tanda tambah, menunjukkan bahwa fasilitas AutoFill telah diaktifkan. Untuk membuat seri label, angka, atau tanggal, geserlah pointer di atas cell-cell yang ingin diisi dengan informasi, lalu lepaskan tekanan tombol mouse. Seperti sulap, muncullah sederetan nilai.

 

Pada Kolom NO dan KODE, Autofill digunakan untuk membuat seri number secara terurut sedangkan pada kolom Nama Unit digunakan untuk mengcopy data yang sama ke beberapa cell secara cepat. Selanjutnya lengkapi data tabel seperti pada Gambar 1.3.
no one is too old to learen “
 
 
 Gambar 1.3.
4. Penggunaan format Tabel dan Cell
 # Microsoft Excel menyediakan fasilitas format table dengan beberapa template seperti memberi              border, warna border, warna cell dan style font dengan klik tombol format table seperti ini  ,              kemudia akan muncul pilihan style format tabel seperti berikut ini.
 
 Gambar 1.4
 # Kita juga dapat melakukan format tabel dan format cell sesuai selera kita atau tidak menggunakan template yang disediakan Microsoft Excel. Seperti contohnya pada Gambar 1.4. menggunakan format tabel dan cell sendiri dengan cara:
 * Untuk membuat border pada tabel, blok tabel yang akan di beri border dalam hal ini mulai cell   A7 sampai F15, kemudian klik panah pada tombol   dan pilih All Border 

BAB V

MICROSOFT EXCEL 2010

V.I.      PENGERTIAN MICROSOFT EXCEL 2010


            Microsoft Excel adalah aplikasi spreadsheet komersial yang ditulis dan didistribusikan oleh Microsoft untuk Microsoft Windows dan Mac OS X. fitur perhitungan, grafik alat, tabel pivot dan bahasa pemrograman makro yang disebut Visual Basic for Applications.Telah spreadsheet yang sangat banyak digunakan untuk platform ini, terutama sejak versi 5 pada tahun 1993. Excel merupakan bagian dari Microsoft Office. Versi saat ini 2010 untuk Windows dan 2011 untuk Mac.
            Microsoft Excel memiliki fitur dasar dari semua spreadsheet, dengan menggunakan kotak sel diatur dalam baris nomor dan surat-nama kolom untuk mengatur manipulasi data seperti operasi aritmatika. Ini memiliki baterai fungsi yang disediakan untuk menjawab statistik, rekayasa dan kebutuhan keuangan. Selain itu, dapat menampilkan data sebagai grafik garis, histogram dan grafik, dan dengan tampilan yang sangat terbatas grafis tiga dimensi. Hal ini memungkinkan sectioning data untuk melihat dependensi pada berbagai faktor dari perspektif yang berbeda (menggunakan tabel pivot dan manajer skenario). Dan itu memiliki aspek pemrograman, Visual Basic for Applications, yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan berbagai metode numerik, misalnya, untuk memecahkan persamaan diferensial fisika matematis, dan kemudian melaporkan hasilnya kembali ke spreadsheet . Akhirnya, ia memiliki berbagai fitur interaktif yang memungkinkan antarmuka pengguna yang benar-benar dapat menyembunyikan spreadsheet dari pengguna, sehingga spreadsheet hadir sebagai aplikasi yang disebut, atau decision support system (DSS), melalui antarmuka pengguna yang dirancang khusus, misalnya, penganalisis saham, atau secara umum, sebagai alat desain yang menanyakan pertanyaan-pertanyaan pengguna dan menyediakan jawaban dan laporan. Dalam realisasi lebih rumit, aplikasi Excel dapat secara otomatis jajak pendapat database eksternal dan alat pengukur menggunakan jadwal update,  menganalisis hasil, membuat laporan Word atau Power Point slide show, dan e-mail presentasi ini secara teratur ke daftar peserta. Microsoft memungkinkan untuk sejumlah saklar baris perintah opsional untuk mengontrol cara yang Excel dimulai.

V.II.    FITUR BARU PADA MICROSOFT EXCEL 2010



            Office 2010 adalah lebih "berbasis peran" dari versi sebelumnya Ada fitur disesuaikan dengan karyawan dalam "peran seperti penelitian dan pengembangan profesional, orang penjualan, dan sumber daya manusia.". Dalam pelaksanaannya Internet, Office 2010 menggabungkan fitur dari SharePoint Server dan meminjam dari "Web 2.0" ide.Microsoft Office 2010 termasuk diperbarui dukungan untuk format ISO / (OOXML) file IEC 29500:2008, Standar Internasional versi Office Open XML. Office 2010 menyediakan dukungan untuk membaca ECMA-376, membaca / menulis dukungan untuk ISO / IEC 29500 Transisi, dan membaca dukungan untuk ISO / IEC 29500 Ketat  Pada masa pra-rilis (beta) bentuk, bagaimanapun, Office 2010 hanya mendukung varian Transisi, dan bukan Ketat. Maksud dari. ISO / IEC adalah untuk memungkinkan penghapusan varian Transisi dari ISO / IEC versi sesuai standar OOXML. Microsoft Office 2010 mendukung OpenDocument Format (ODF) 1.1, yang merupakan standar OASIS. Fitur baru juga termasuk built-in tool screen capture, alat removal latar belakang, modus dilindungi dokumen, SmartArt baru template dan ijin penulis. The 2007 "Office Button" diganti dengan tombol menu yang mengarah ke menu file lengkap-jendela, yang dikenal sebagai Backstage View, memberikan akses mudah ke fungsi-fungsi tugas-berpusat seperti pencetakan dan berbagi. Sebuah regresi aksesibilitas penting dari tahun 2007 adalah bahwa skor tombol menu lebih buruk dengan perhitungan aksesibilitas hukum Fitts dibanding versi sebelumnya. Antarmuka Ribbon dimodifikasi hadir di semua aplikasi Office, termasuk Office Outlook, Visio, OneNote, Proyek, dan Publisher. aplikasi Office juga memiliki Jumplists fungsional di Windows 7, yang akan memungkinkan akses yang mudah ke item baru dan tugas yang relevan ke aplikasi tersebut  Fitur Office 2010 termasuk.: 


    * Pita interface dan Backstage Lihat di semua aplikasi 
    * Latar Belakang Removal Tool 
    * Surat Styling 
    * The Word 2007 editor Persamaan umum untuk semua aplikasi, menggantikan Microsoft Equation Editor 3.0 
    * Baru SmartArt template 
    * Baru teks dan efek editing gambar 
    * Screen Menangkap dan alat Clipping 
    * Fungsi kolaborasi Live 
    * Jumplists di Windows 7 
    * Baru animasi di PowerPoint 2010 

Sebuah fitur baru dalam Microsoft Office 2010 adalah Sosial Outlook Connector, yang memungkinkan pengguna terhubung ke dan menerima update dari jaringan sosial mereka di dalam Microsoft Outlook. Bila pengguna melihat email mereka nama, gambar, dan judul tersedia untuk orang yang mereka hubungi. Upcoming janji juga dapat dilihat dengan fitur baru dan pengguna dapat meminta teman-teman. Sosial Outlook Connector saat ini mendukung Facebook, LinkedIn, MySpace dan Windows Live Messenger. 
Edisi Volume dapat diaktifkan dengan menggunakan Multiple Activation Key (MAK) yang dibatasi oleh berapa kali mesin dapat mengaktifkan ketika terhubung ke server Microsoft, atau menggunakan Key Management Server (KMS) yang membutuhkan aktivasi setiap 180 hari .





V.III.   PERKEMBANGAN MICROSOFT EXCEL 2010


            Sejarah dan pengembangan Microsoft Office 2010 pembangunan dimulai pada tahun 2007 sementara Microsoft sedang menyelesaikan pekerjaan pada Office 12, dirilis sebagai Microsoft Office 2007. Nomor versi 13 itu diabaikan karena keengganan untuk angka 13  Ini diperkirakan sebelumnya bahwa Office 2010 (kemudian disebut Kantor 14) akan mengirimkan pada semester pertama tahun 2009.Pada tanggal 10 Januari 2009, screenshot dari alpha Office 2010 membangun telah dibocorkan oleh penguji.
Pada tanggal 15 April 2009, Microsoft mengkonfirmasi bahwa Office 2010 akan dirilis pada semester pertama tahun 2010. Mereka mengumumkan pada tanggal 12 Mei 2009, pada acara Ed Tech, sebuah versi percobaan edisi 64-bit  Pratinjau Teknis 1 (Versi: 14.0.4006.1010) bocor pada tanggal 15 Mei 2009.
Posting beta-internal membangun dibocorkan pada tanggal 12 Juli 2009. Ini lebih baru daripada pratinjau resmi membangun dan termasuk sebuah "Kapur" aplikasi pengujian internal. Pada tanggal 13 Juli mengumumkan Microsoft Office 2010 pada perusahaan Worldwide Partner Conference 2009.
Pada tanggal 14 Juli 2009, Microsoft mulai mengirim undangan pada Microsoft Connect untuk menguji pratinjau resmi membangun Office 2010  Pada tanggal 30 Agustus 2009, beta build 4417 bocor di internet melalui torrents.
Sejarah dan pengembangan Microsoft Office 2010 Beta publik yang telah tersedia untuk pelanggan TechNet, MSDN dan Microsoft Hubungkan pengguna pada November 16, 2009 . Pada tanggal 18 Nopember 2009, beta resmi diluncurkan kepada masyarakat umum di website Microsoft Office Beta, yang awalnya diluncurkan oleh Microsoft pada tanggal 11 November 2009 untuk menyediakan screenshot dari office suite baru Office 2010 Beta adalah versi, gratis berfungsi penuh dan berakhir pada tanggal 31 Oktober 2010.
Dalam upaya untuk membantu pelanggan dan mitra dengan penyebaran Office 2010, Microsoft meluncurkan Office 2010 program aplikasi kompatibilitas dengan alat dan bimbingan yang tersedia untuk di-download. [24] Pada tanggal 5 Februari 2010, kandidat rilis resmi membangun 4734,1000 yang tersedia untuk Connect dan MSDN penguji. Hal itu bocor ke situs torrent  Beberapa hari setelah itu, Escrow RTM membangun bocor.
Sejarah dan pengembangan Microsoft Office 2010 Microsoft mengumumkan RTM pada tanggal 15 April 2010 dan bahwa versi terakhir adalah untuk memiliki teknologi pidato untuk digunakan dengan text to speech pada Microsoft OneNote, Microsoft PowerPoint, Microsoft Outlook, dan Microsoft Word. Office 2010 akan awalnya dirilis untuk pelanggan bisnis pada tanggal 12 Mei 2010. Bisnis dengan Software Assurance pelanggan bisa mendapatkannya sejak April 27 Januari 2010 dan Pelanggan Volume Licensing lainnya mampu mendapatkannya sejak 1 Mei.  MSDN dan TechNet pelanggan telah dapat men-download versi RTM sejak April 22 Desember 2010. Nomor versi RTM adalah 14.0.4760.1000.
Pada tanggal 15 Juni 2010, Office 2010 diluncurkan ke pelanggan ritel.
Pada tanggal 27 Oktober 2010, Microsoft mengirimkan undangan ke sejumlah dekat Testers Pilih untuk perusahaan untuk menguji preview membangun Office 2010 Service Pack 1 (SP1). Sebuah beta direncanakan akan dirilis pada akhir tahun 2010.







*Diligence is the mistressof success *
 



V.IV.   MENGENALI IKON MENU EXCEL 2010

            Sebelum Anda mencoba Microsoft Mondo 2010, sebaiknya kenalilah menu dan ikon-ikon yang ada di aplikasi tersebut. Penguasaan menu atau paling tidak mengenal menu yang ada akan memudahkan setelah berada dilingkup pekerjaan yang sedang Anda tangani. Oleh karena itu buku ini saya susun sesuai urutan yang kiranya dapat memudahkan Anda pada saat bekerja dengan pengolah angka dan data berbasis Windows Vista atau Windows 2007 atau Windows Server 2008.
Mengenal Menu-menu
            Seperti aplikasi berbasis Windows pada umumnya penguasaan menu dan ikon-ikon akan membantu ketika sudah berhubungan dengan jendela-jendela yang disediakannya. Sebagai contoh, saya sedang menulis artikel kemudian untuk menyimpannya saya tekan ikon Save.
            Walaupun ketika saya menyimpan file melalui Menu Pulldown hasilnya sama saja, namun saya mencatat beberapa detik lebih lama dibandingkan dengan menggunakan ikon di Toolbar. Saya selalu menggunakan ikon di Toolbar untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Tak peduli program apa yang saya pakai.
            Menu-menu yang disediakan Microsoft Excel 2010 pada prinsipnya hampir sama seperti Microsoft Excel versi sebelumnya. Hanya dengan Microsoft Excel 2010 Anda akan melihat perbedaan di mana setiap Menu Pulldown juga tersedia ikon-ikon yang sama seperti di Toolbar. Bahkan banyak fitur baru seperti fasilitas pencarian, Task Pane Smart Tag dan lain-lain. Selain itu juga tersedia fasilitas perhitungan yang secara otomatis dapat membantu mempercepat pekerjaan Anda, seperti AutoSUM, Average, Min, Max dan sebagainya yang bisa digunakan secara otomatis hanya dengan menekan tombol yang ada di Toolbar.
            Sebelum melanjutkan pelajaran mengenai menu-menu ini, sebelumnya saya akan coba menampil-kan daerah kerja lengkap dengan menu dan beberapa ikon di Toolbar yang mungkin dapat membantu Anda.
Control Menu
            Control menu dalam Excel 2010 ada dua, yaitu di jendela Excel 2010 dan di jendela Document. Beberapa pilihan yang ada di Control Menu Microsoft Excel 2010 antara lain dapat digunakan untuk menutup Microsoft Excel 2010 atau mengakhiri Excel 2010 seperti Minimize, Maximize, Restore dan lain-lain. Sedangkan Control Menu Document dapat digunakan untuk menutup Document, Minimize, Maximize, Restore dan lain-lain.
            Manfaat lain dari Control Menu ini adalah jika Anda sedang bekerja dengan beberapa aplikasi. Untuk pindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain Anda dapat memanfaatkan Control Menu dengan memilih Minimize. Sehingga program lain yang sedang aktif masih tetap kelihatan.

BAB VI

PERBANDINGAN EXCEL 2003,2007 & 2010

VI.I.    PERBEDAAN MICROSOFT OFFICE 2003 DAN 2007

1. Jumlah baris
Excel 2003 hanya menyediakan 65,536 baris, sedangkan Excel 2007 menyediakan 1,048,576 baris. Apakah ini sebuah kelebihan Excel 2007? Belum tentu! Ini tergantung pekerjaan Anda, berapa banyak baris yang Anda butuhkan. Jangan berkata bahwa Anda selalu berurusan dengan file database dengan jumlah baris sangat banyak. Jika ingin membuat database, gunakan Microsoft Access yang menyediakan banyak baris, bukan Microsoft Excel.

2. Jumlah kolom
Excel 2003 menyediakan 256 kolom, sedangkan Excel 2007 menyediakan 16,384 kolom. Jika Anda masih menganggap ini kelebihan Excel 2007, berarti Anda tidak membaca nomor 1 :)

3. Bug
Buka Excel 2007 Anda, coba kalikan 77.1 dengan 850. Jika hasilnya 100,000, artinya Excel 2007 Anda masih belum di patch. Untuk memperbaikinya, dapat mendownload programnya di sini. Hei, saya berusaha untuk fair. Pada perbandingan di bawah ini saya membandingkan Excel 2003 SP3 dengan Excel 2007 SP 1 atau yang sudah di-patch.

4. Kecepatan macro
Ada yang pernah memperhatikan perbedaan kecepatan Macro Excel 2003 dan Excel 2007? Saya melakukan pada beberapa program yang saya buat dan mendapatkan macro di Excel 2007 bekerja lebih lambat. Sebagai buktinya, coba Anda download games ini, kemudian jalankan di Excel 2003. Setelah itu jalankan di Excel 2007. Coba bandingkan.

5. Record macro
Record Macro di Excel 2007 memang tidak menunjukkan masalah yang signifikan.... sampai Anda mencoba merekam aktivitas Anda membuat Chart. Buatlah sebuah aktivitas pembuatan chart yang rumit, rekam dengan Excel 2003. Lakukan proses yang sama di Excel 2007 dan bandingkan hasilnya.

6. Pivot table
Excel 2007 mempunyai fitur pivot table yang benar-benar baru, benar-benar canggih, benar-benar keren... kecuali saat Anda harus mengirimkan pekerjaan Anda ke boss Anda yang menggunakan Excel 2003 dengancompatibility pack :D hahaha.... Bahkan dengan melakukan save as sebagai Excel 2003, Anda akan menemui masalah. Anyway, jika dipandang dari jumlah data yang dapat diolah, Excel 2007 jauh lebih baik. Dengan jumlah kolom sebanyak 16,384 kolom, Excel 2007 dapat memberikan pivot table yang lebih baik dibanding Excel 2003 yang hanya mampu menampilkan 255 kolom.

7. Macro pada workbook yang terproteksi
Protect workbook 2007 Anda, jika workbook tersebut mengandung macro... maka saya belum menemukan cara untuk mengaktifkan macronya.

8. List / tabel
Harus diakui, Excel 2007 memiliki berbagai format tabel yang menarik dan siap pakai.

9. Formula
Excel 2007 memiliki banyak tambahan formula. Sayangnya, jika Anda melakukan save as ke versi Excel yang lebih rendah dan mengirimkannya ke teman Anda yang menggunakan Excel 2003, nampaknya mempelajari formula-formula ajaib di XL-mania akan lebih berguna untuk menggantikan formula baru seperti SUMIFS.

10. Penampilan grafik / chart
Excel 2007 memiliki penampilan yang menakjubkan untuk grafik / chart. Bahkan warna defaultnya juga sangat menarik dibandingkan versi Excel yang lebih lama.

11. Refresh grafik / chart
Cobalah buat sebuah chart yang rumit dan berwarna-warni. Masukkan data dengan formula =RAND( ) sehingga chart berubah saat menekan F9. Bandingkan kecepatannya antara Excel 2007 dan Excel 2003. Ternyata untuk penampilan yang indah di Excel 2007, terdapat pengorbanan kecepatan refresh chart.

12. Drag drop data pada grafik / chart
Di Excel 2003, jika Anda melakukan seleksi pada sebuah area, kemudian melakukan drag-drop seleksi tersebut ke sebuah chart, maka terdapat fitur penambahan data otomatis. Di Excel 2007, Anda tidak akan menemukan fitur ini.

13. Membuka / menutup file
Di Excel 2007, saat membuka atau menutup file, seringkali terjadi sedikit delay. Artinya, jika dibandingkan dengan Excel 2003, dengan spesifikasi komputer yang sama dan file yang sama, performa Excel 2007 dalam aktivitas ini lebih lambat dibanding pendahulunya.

14. Export atau save as ke .dbf 
Di Excel 2007 Anda tidak menemukan fitur untuk export atau save as ke format .dbf.

15. Kompatibilitas
Saya tidak bicara bahwa Excel 2003 tidak bisa membuka format .xlsx dari Excel 2007 *dooohhh*. Maksud saya di sini adalah ada beberapa format yang tidak bisa dibuka oleh Excel 2007 seperti: WK1 (1-2-3); WK4 (1-2-3); WJ3 (1-2-3 Japanese) (.wj3); WKS (1-2-3); WK3,(1-2-3); WK1,FMT(1-2-3); WJ2 (1-2-3 Japanese) (.wj2); WJ3, FJ3 (1-2-3 Japanese) (.wj3); DBF 2 (dBASE II); WQ1 (Quattro Pro/DOS); WK3,FM3(1-2-3); Microsoft Excel Chart (.xlc); WK1,ALL(1-2-3); WJ1 (1-2-3 Japanese) (.wj1); WKS (Works Japanese) (.wks). Selain itu ada beberapa format yang dapat dibuka, tapi tidak dapat disimpan: Microsoft Excel 2.1 Worksheet; Microsoft Excel 2.1 Macro; Microsoft Excel 3.0 Worksheet; Microsoft Excel 3.0 Macro; Microsoft Excel 4.0 Worksheet; Microsoft Excel 4.0 Macro; Microsoft Excel 97- Excel 2003 & 5.0/95 Workbook; Microsoft Excel 4.0 Workbook; DBF 3 (dBASE III); DBF 4 (dBASE IV).

16. Jumlah kondisi pada conditional formatting
Jumlah kondisi pada conditional formatting di Excel 2003 hanya 3 kondisi [6 kondisi kalau pakai jurus XL-mania]. Di Excel 2007? Buaaannyyyyakkkkkk kondisi.

17. Variasi pada conditional formatting
Jika di Excel 2003, conditional formatting hanya mengubah warna font, cell, border, dan lain-lain, di Excel 2007 mungkin "dan lain-lain" nya itu lebih indah :D Anda bisa menambahkan data bar, icon sets, color scales, atau kombinasinya. Sungguh indah!

18. Akibat pemakaian conditional formatting
Akibat dari nomor 17? Jika Anda menggunakan terlalu banyak kondisi pada Excel 2007... Performa Excel 2007 dalam hal kecepatan akan sangat menurun drastis. Bahasa sederhananya? Excel 2007 Anda jadi lambat!

19. Toolbar
Di Excel 2003, kustomisasi toolbar sangat fleksibel, sedangkan di Excel 2007 kurang. Jika di Excel 2003 semua command yang dapat dimunculkan atau dihilangkan, di Excel 2007 Anda hanya dapat mengubah menu di toolbar quick access, sedangkan di menu besar seperti pita ituuuhhh... Anda hanya dapat menyembunyikannya.

20. Pallet warna
Excel 2007 memberi lebih banyak pilihan warna dan kustomisasi pallet warna yang lebih mudah. Masalahnya... mungkin karyawan wanita Anda akan lebih lama memilih warna-warna itu sambil berteriak "...iiihhh lucuuuuuuu...." :D :D :D

21. Jumlah warna di workbook 
Di Excel 2003, jumlah warna maksimal di workbook hanya 56. Sedangkan di Excel 2007 4.3 milyar. Hmmmm... Apakah Anda mau menggantikan Photoshop dengan Excel 2007? Perlukah warna sebanyak itu untuk pekerjaan pada sebuah spreadsheet? :)

22. Penggunaan pattern pada format cell dan chart 
Jika di Excel 2003 Anda dapat menggunakan pattern yang bermacam-macam pada cell dan chart, di Excel 2007 Anda tidak akan menemukannya. Ini dapat menjadi masalah bagi penggemar art hitam putih atau pengguna printer laser :)

23. Sorting 
Di Excel 2003 Anda hanya dapat melakukan sort denga fitur yang disediakan berdasarkan 3 field. [Di sini kita abaikan macro dan teknik tricky lainnya yang mungkin tidak akan digunakan oleh newbie]. Di Excel 2007... 64 field! Nilai plus buat Excel 2007! Uhmmmm... Ada yang pernah melakukan sort berdasarkan 10 field?

24. Item pada autofilter 
Di Excel 2003, jumlah item pada autofilter hanya 1,024, jauh lebih sedikit dibandingkan Excel 2007 yang mampu menampilkan sebanyak 32,768. Yang satu ini memang benar-benar kelebihan Excel 2007, karena banyak kasus di dunia nyata dimana kita harus memfilter lebih banyak dari 1,024 item.


25. Jumlah huruf yang ditampilkan dan dicetak 

Excel 2007 memberi lebih banyak karakter yang ditampilkan dan dicetak dalam 1 cell, yaitu 32,768. Angka ini jauh di atas Excel 2003 yang hanya memberikan 1,024. Tapi... jika Anda memerlukan karakter sebanyak itu dalam satu cell, mengapa tidak gunakan Microsoft Word? :D :D :D

26. Cell style unik 
Style unik cell dalam sebuah workbook yang diizinkan di Excel 2003 hanya 4,000, sedangkan di Excel 2007 sebanyak 65,536. Setidaknya, Anda akan lebih jarang menemukan pesan "too many different cell formats" di Excel 2007.

27. Panjang formula 
Panjang formula maksimal di Excel 2007 adalah 8,192 karakter, jauh lebih panjang dari Excel 2003 yang hanya mampu mengakomodasi 1,024 karakter. Saya sendiri jarang membuat formula sepanjang ratusan karakter... Pastinya di Excel 2007 Anda dapat membuat formula "terbilang" dan bukan macro "terbilang". Hehehe...

28. Maksimum loop dalam sebuah formula 
Sampai Excel 2003, jumlah nested IF dalam sebuah formula misalnya, hanya dibatasi sampai 7 buah, sedangkan di Excel 2007 sampai 64 buah. Anyway, jika Anda sudah menemukan kondisi di mana Anda harus menulis =IF( IF( IF( IF( IF( .... )))))... mungkin sudah saatnya Anda mengganti formula Anda dengan VLOOKUP, INDEX, MATCH, atau formula lainnya.

29. Jumlah argument dalam formula 
Seiring dengan kemampuan mengeksekusi formula yang lebih panjang, Excel 2007 juga mampu mengakomodasi sampai 255 argumen pada sebuah formula. Angka ini jauh lebih banyak dibandingkan dengan Excel 2003 yang hanya mampu mengakomodasi 30 argumen.

30. Interface keseluruhan 
Excel 2007 membingungkan untuk pertama kali.

31. Stabilitas
Ada beberapa file saya yang sering gagal disimpan di Excel 2007 atau dibuka di Excel 2007. Ada yang mengalami hal ini? Ada juga beberapa file .xlsx yang jika di zip dengan winzip atau winrar, saat diextract lagi menjadi pecahan file. Apakah ada yang mengalami ini juga?

32. Format XML
Penggunaan XML di Excel 2007 memudahkan integrasi data yang lebih baik antar file dan antar sistem. Selain itu, dengan format ini recovery file yang rusak lebih mudah, dan memungkinkan ukuran file lebih kecil.

33. Business dashboard / KPI dashboard / Performance dashboard
Dengan format chart yang menakjubkan di Excel 2007, fasilitas yang lain, dan kemampuan Anda mengolah chart.



VI.II.   PERBEDAAN MICROSOFT OFFICE 2007 DAN 2010


Microsoft Office 2010
Di awal tahun ini Microsoft Office mengeluarkan versi beta dari MS Office 2010. Versi ini bisa didownload gratis di Internet (silahkan download disini). Kemarin saya sempet coba juga sih, namun masih belum puas lah kalau pake versi betanya saja. Nah, sekarang Microsoft 2010 yang versi trial sudah beredar di pasaran. Rencananya akhir tahun ini akan keluar juga versi retail yang mutakhir. Pertanyaannya apa sih yang membuat kita harus hijrah ke 2010?
1. Lebih Cepat
Microsoft Office 2010 di claim lebih cepat start-upnya dibandingkan 2007. Selain lebih cepat Office 2010 terbagi menjadi aplikasi 64 bit (x64) dan 32 bit (x86). Jadi kalau kalian ingin pakai Ms Ofice 2010 disarankan untuk melihat dulu jenis OS yang dipakai di komputer agar performa komputer lebih cepat saat menjalankan program. Untuk performa saat dijalankan saya nggak begitu merasakan berat, karena saya menginstall program ini di komputer yang cukup mumpuni performanya. <– tunggu reviewnya ya!
2. Ribon lebih simple
Dibandingkan tampilan ribon di 2007, menurut saya ribon di 2010 lebih simple dan enak dilihat. Sebetulnya hampir sama persis, namun pada setiap tombol-tombol di ribon tidak diberi kotak atau separator sehingga terlihat lebih lenggang dan lebih mudah dicari tombol-tombol yang kita inginkan. Beberapa blog teman juga megnatakan ada beberapa tombol yang tidak begitu berguna dihapus dari ribon, tapi sebetulnya kita bisa mengedit tombol-tombol yang ada di ribon agar sesuai dengan kebutuhan kita pada menu properties
Ribbon office 2007 (atas) dan 2010 (bawah)
3. Application Menu
Di MS Office 2007 kita menemukan application menu yang simple saat meng-klik logo ofice di pojok kiri, disini juga dapat kita temukan dengan meng-klik tombol file. Hanya saja tampilannya lebih menarik bila dibandingkan dengan 2007 yang simpel. Tapi menurut saya dari fungsibilitas saya kurang suka, justru malah ribet karena ada pilihan pilihan menu yang tidak begitu penting dipaparkan seperti permisions dan info yang nggak begitu berguna buat saya. Di aplikasi office selain word, menu ini disesuaikan warnanya dengan themes. Misalkan pada excel berwarna hijau dan power point orange kecoklatan. Dengan tampilnya application menu yan g lebih atraktif saya kagum pada pemakaian pertama. Habis itu ketika memakai berkali-kali, menu yang atraktif ini buat saya nyaris nggak ada gunanya.
Application Menu Office 2010
4. Artistic Effects pada image
Sepert Photoshop, kini di office pun bisa menggunakan filter artistic effects pada image yang kita gunakan di ms Word. Di dalam ribon picture tools (format) kita bisa memilih 23 effects artistik yang dapat digunakan pada image seperti sketsa lukisan pensil (pencil sketches), pastel dan cat minyak (oil paintings), maosaic dan kaca bergelombang (rippled glass). Nggak hanya sampai disitu aja, Office 2010 juga punya alat penghilang background gambar (Remove Background tool) nah, fitur yang satu ini jadi salah satu point selling penting ms Office 2010.
Artistic effects pada ms Word
5. Smart art yang lebih editable dan beragam
Kita bisa menemukan smart art di Office 2007. Kini di Office 2010 fitur smart art memiliki lebih banyak diagram dan lebih banyak opsi untuk diedit. Namun bagi yans suka dengan persentasi menggunakan MS Power point, smart art akan membantu mempercantik bentuk persentasi anda. 
6. Fitur video yang lebih maksimal pada Power Point
Pada power point kita bisa memasukan video HD dengan format movie file yang lebih banyak dibandingkan office 2007. dan yang paling mengesankan kita bisa menaruh kode embed code youtube pada persentasi kita. Kekurangannya ketika menaruh kode embed youtube kita harus online saat memutar video tersebut di persentasi. Disini kita juga bisa menambahkan filter pada video kita dengan mudah. Dan hebatnya lagi kita bisa menaruh video kita ini pada frame 3 dimensi. Keren bukan? buat kalian yang suka persentasi wajib nih pakai ms Office 2010.
Menaruh Frame 3D pada Video di MS Office Power Point
Sebetulnya masih banyak perbedaan-perbedaan yang mencolok antara 2007 dan 2010, tapi saya bisa mengambil kesimpulan bahwa kali ini microsoft mencoba untuk membuat software dengan orientasi user-interface seperti halnya macintosh. Kesimpulannya, karena memiliki performa yang lebih cepat daripada Microsoft Office 2007 tentunya pasti saya memilih untuk menggunakan Microsoft Office 2010 pada pekerjaan sehari-hari.






*Hang your idea high in the sky *
 




BAB VII

GAMBAR-GAMBAR MICROSOFT EXCEL


VII.I.   MICROSOFT OFFICE EXCEL 2003









VII.II. MICROSOFT OFFICE EXCEL 2007





VII.III.            MICROSOFT EXCEL 2010




BAB VIII

TAMBAHAN

VIII.I. MEMBUAT GRAFIK

| Membuat grafik pada Microsoft excel 2003
        Berikut ini kami sajikan bagaimana cara membuat grafik dengan menggunakan Microsoft excel, merubah data menjadi sebuah grafik, memilih model grafik, seperti grafik batang, grafik lingkaran,
Dalam contoh cara pembuatan grafik ini kami menggunakan Microsoft excel
versi 2003,

1. Langkah yang paling awal tentunya adalah membuka program Microsoft excel, klik start, all program, Microsoft office, Microsoft excel.

(gambar 1)
2. Siapkan sebuah data sederhana saja, untuk kamu sajikan menjadi grafik. Contohnya adalah seperti di bawah ini.

(gambar 2)
3. Setelah kamu membuat data sederhana seperti di atas, blok lah seluruh data dalam abel tersebut.

Gambar 3
4. setelah kamu blok data dalam tabel tersebut, klik menu insert, Chart

Gambar 4
5. setelah kamu klik menu Chart, maka nanti akan muncul jendel Chart Wizard seperti gambar di bawah ini

Gambar 5
6. setelah muncul jendela seperti di atas, maka kamu tinggal pilih model grafik yang kamu inginkan, pada kolom Chart tipe (Jenis Grafik) sudah tersedia banyak pilihan, mau pilih grafik kolom, yang contohnya seperti gambar di atas, atau grafik Bar, atau grafik garis, atapun grafik lingkaran dan lain-lain.
Dalam contoh pembuatan grafik ini kita pilih saja Chart TIpe Column dan Chart Sub-type yang bermodel dua dimensi

Gambar 6
7. Setelah kamu klik next nanti akan muncul seperti gambar di bawah ini

Gambar 7
Gambar jendela diatas adalah chart wizard pada tahap kedua, pada Series in pada pilihan columns maka grafik akan tapil renggang, tapi jika dalam pilihan Rows maka grafik akan tampak menepel seperti gambar di bawah ini

Gambar 8
Dalam contoh ini kita pake saja pada pilihan columns, kemudian klik Next
8. setelah kamu klik next maka akan tampil jendela seperti di bawah ini

Gambar 9
Kolom Chart Title adalah untuk mengisi Judul Grafik kamu, Category X axis adalah untuk mengisi keterangan pada garis horizontal (dalam hal ini adalah bulan), sedangkan kategori Value (Y) axis untuk mengisi keterangan pada garis vertical (dalam hal ini adalah isian angka nya)
Sebagai contoh kita isi saja judulnya adalah “GRAFIK PERKEMBANGAN PENGUNJUNG” sedangkan category X kita isi “BULAN” dan value Y adalah “JUMLAH”
Sehingga hasilnya seperti ini :

Gambar 10
9. setelah diisi semuanya kemudian klik tombol next, maka nanti akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini.

Gambar 11
Klik tombol finish, grafik kamu sudah jadi

Gambar 12

| Cara membuat table pada Microsoft Excel 2007
Grafik atau chart merupakan media visual penerjemah data dalam bentuk angka kedalam data dalam bentuk gambar. Dalam penelitian biasanya difungsikan untuk menghubungkan data antara variabel x dan variabel y.
Cara membuat Garafik atau chart dalam microsoftexcel 2007 begitu mudah. Yang pertama harus kita lakukan adalah menyiapkan data terlebih dahulu, setelah itu kita lakukan langkah langkah membuat grafik. Dalam latihan kali ini kita akan mencoba membuat grafik data penderita penyakit diabetes. Pertama kita siapkan data seperti berikut:
Selanjutnya kita seleksi (Blog) bagian data yang ingin kita buat grafik. Lihat kotak biru diatas!. Setelah itu kita plih menu insert, kemudian pilih chart. Ada banyak chart yang kita pilih, namun dalam latihan kali ini chart yang digunakan adalah 3d Colum.
Kalau kita melakukan langkah diatas dengan benar maka grafik dari data di atas akan terlihat seperti berikut.

| Cara membuat grafik pada Microsoft excel 2010
Misalnya Anda adalah mahasiswa sekolah kesehatanyang telah ditugaskan untuk membuat sebuah daftar dari hasil pemeriksaan tekanan darah untuk 3 macam obat yang berbeda, dengan data pemeriksaan tiap jam selama 6 jam. Setelah Anda memasukkan data Anda ke dalam excel, mungkin terlihat seperti ini:
Bagaimana caranya anda mengubah data mentah data ke bentuk grafik 3 baris, dan skala horisontal sumbu (X)adalah waktu (jam), dan tingkat tekanan darah sebagai sumbu vertikal? Pertama, klik tabInsert (yang dilingkari) untuk menampilkan menu pilihan toolbar insert.
Klik pada line chart (yang dilingkari). Pilih jenis (style) line chart yang anda inginkan dari menu popup yang muncul. Grafik (chart) akan muncul sesuai dengan data anda.
Hampir selesai! Selanjutnya, anda ingin memendekan sumbu vertikal, sehingga anda dapat melihat detil pada grafik dengan lebih jelas.
Klik kanan pada sumbu yang ingin Anda ubah, dan pilih “Format Axis”. Ubah nilai dalam kotak popupuntuk mengubah grafik dengan skala yang Anda inginkan, tambahkan / ubah baris properti, atau detail lainnya. Semua axes, legend (legenda), baris, dan lain-lain dalam grafik dapat diedit dengan cara ini.
Dan ini adalah hasilnya


BAB VIIII

FORMULA DAN FUNGSI PADA MICROSOFT EXCEL

Ë MENGGUNAKAN FUNGSI
      Fungsi sebenarnya adalah rumus yang sudah ada disediakan oleh Excel, yang akan membantu dalam proses perhitungan. Kita tinggal memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Umumnya penulisan Fungsi harus dilengkapi dengan argumen, baik erupa angka, label, rumus, alamat sel atau range. Argumen ini harus ditulis dengan diapit tanda kurung ().
Contoh :
            menjumlahkan nilai yang terdapat pada sel D1 sampai  D10, rumus yang dituliskan adalah :
                        "=D1+D2+D3+D4+D5+D6+D7+D8+D9+D10".
Akan lebih mudah jika menggunakan fungsi SUM, dengan menuliskan "=SUM(D1:D10)".
Ë ALAMAT RELATIF DAN ALAMAT ABSOLUT
Alamat Relatif :
      alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akan berubah jika dicopy ke cell lain.        
      Contoh :
      sel C1 "=(A1+B1)" dicopy ke sel C2, berubah menjadi "=(A2+B2)“
Alamat Absolut :
      alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris dan kolom.
      tekan tombol F4 untuk menghasilkan alamat absolut pada formula bar.
      Contoh :
      sel B1 berisi formula $A$1*5,B1 dicopy kan ke sel C3 formula pada C3 tetap berisi formula $A$1*5

Fungsi                   Contoh                                   Keterangan
SUM                     =SUM(A1:100)                       Menjumlahkan sel A1 sampai sel                                                  A100
AVERAGE          =AVERAGE(B1:B10)           Menghitung nilai rata-rata sel B1                                                                          sampai sel B10
MAX                     =MAX(C1:C100)                   Mencari nilai tertinggi dari sel C1                                                             sampai C100
MIN                      =MIN(D1:D100)                    Mencari nilai terendah dari sel D1                                                            sampai D100
SQRT                    =SQRT(D10)                          mengakarkan nilai dalam sel D10
TODAY                =TODAY()returns                  Mengambil tanggal dari system                                                                komputer dengan format default



ABS
Menentukan harga mulak (Absolut) nilai numerik.
Bentuk Umum :  =ABS(x)

Contoh:
=(ABS(-21)                      
à 21
=(ABS(-21)                      
à 7
INT
Membulatkan bilangan pecahan dengan pembulatan ke bawah ke bilangan bulat terdekat.

Bentuk Umum : =INT(X)

Contoh:
=(INT(219.71)     
à 219
=(INT(-10.71)      
à -11
ROUND
Menghasilkan nilai pembulatan data numerik sampai jumlah digit desimal tertentu .

Bentuk Umum : =ROUND(X,Y)
 
Contoh:
=(round(21.9120001,4)    
à 21.912000
=(round(17.3120008,4)    
à 17.3198

Trunc
Menghilangkan bagian dari nilai pecahan tanpa memperhatikan pembulatan dari suatu data numerik .

Bentuk Umum : =TRUNC(X,Y)

Contoh:
=(trunc(21.20001,0)         
à 21
=(trunc(17.378,2) 
à 17

CONCATENATE
Menggabungkan beberapa teks dalam suatu teks

Bentuk Umum : =CONCATENATE(X1,X2,X3……)

Contoh:
=Concatenate(“Total”,”Nilai”)    
à”TotalNilai”

sel C2 berisi teks “Madcoms”
Sel C3 bernilai teks “Madiun”
sel C4 berisi Nilai 53246.
maka :
=Concatenate(c2,”-”,c3,” Telp.”,c4)
     
àMadcom-Madium Telp. 53246
LEFT
Mengambil beberapa huruf suatu teks dari posisi sebelah kiri

Bentuk Umum : =LEFT(X,Y)

X :             alamat sel atau teks yang penulisanya diapit             dengan tanda petik ganda
Y :             jumlah atau banyaknya karakter yang diambil

Contoh:
=Left(“Madcom”,3)         
à”Mad”

Jika sel C2 berisi teks “Madcoms”,
=Left(C2,5)          
àMadco

RIGHT
Mengambil beberapa huruf suatu teks dari posisi sebelah kanan

Bentuk Umum : =RIGHT(X,Y)

X :             alamat sel atau teks yang penulisanya diapit dengan tanda petik ganda
Y :             jumlah atau banyaknya karakter yang diambil

Contoh:
=RIGHT(“Madcom”,3)   
à”com”

Jika sel C2 berisi teks “Madcom”,
=Left(c2,5)           
àadcom
MID
Mengambil beberapa huruf suatu teks pada posisi tertentu

Bentuk Umum :=MID(X,Y,Z)

X :             alamat sel atau teks yang penulisanya diapit dengan tanda petik ganda
Y :             Posisi awal karakter
Z :  jumlah atau banyaknya karakter yang diambil

Contoh:
=MID(“Madcom”,2,4)
à”adco”

Jika sel C2 berisi teks “Madcom”,
=Left(c2,4,3)        
àcom

LOWER
mengubah semua karakter dalam setiap kata yang ada pada suatu teks dalam huruf kecil

Bentuk Umum : =LOWER(X)

 X :            alamat sel atau teks yang penulisanya diapit dengan tanda petik ganda

Contoh:
=LOWER(“MADCOM”)
à” madcom”

Jika sel C2 berisi teks “MADCOM”,
=LOWER(c2)
àmadcom

UPPER
mengubah semua karakter dalam setiap kata yang ada pada suatu teks dalam huruf besar

Bentuk Umum : =UPPER(X)

X :             alamat sel atau teks yang penulisanya diapit dengan tanda petik ganda

Contoh:
=UPPER(“madcom”) 
à” MADCOM”

Jika sel C2 berisi teks “madcom”,
=UPPER(c2)
        à MADCOM

FIND
Menentukan posisi satu huruf atau satu teks dari suatu kata atau kalimat.

Bentuk Umum : =FIND(X,Y,Z)
X :             alamat sel atau teks yang penulisannya diapit            dengan            tanda petik ganda
Y :             kata atau kalimat yang mengandung satu huruf         atau satu teks yang dicari posisinya yang dapat       diawakili oleh penulisan alamat sel.
Z : nilai numerik yang menyatakan dimulainya posisi      pencarian.
Contoh:
=FIND(“D”,“MADCOMS Madiun”)     
à3
=FIND(“d”,“MADCOMS Madiun”)      
à11
=FIND(“M”,“MADCOMS Madiun”)     
à6



Function Wizard




Fungsi Logika IF
Memilih antara 2 kemungkinan atau lebih dari perbandingan logika yang diberikan

Bentuk Umum : =IF(logika, perintah-1, perintah-2)

Contoh : 

=IF(B4>65.9,”LULUS”,”TIDAK LULUS”)
      jika isi sel B4 lebih besar dari 65.9 cetak kata LULUS,         tetapi jika sel B4 lebih kecil atau sama dengan 65.9           cetak kata TIDAK LULUS

=IF(A1*E1)<=7000,”MURAH”,”MAHAL”)
      Jika hasil perkalian dari sel A1 dan E1 lebih kecil sama         dengan 7000 maka cetak kata MURAH, tetapi jika hasil    perkalian lebih dari 7000 cetak kata MAHAL
Fungsi Logika AND
Menghasilkan TRUE jika semua argumen bernilai benar(TRUE); menghasilkan false jika satu atau lebih argumen salah

Bentuk Umum: =AND(X1,X2,X3….)

X1,X2,X3 :           kondisi yang akan diuji atau alamat sel yang                          mengandung nilai logika yang menhasilkan                                  nilai benar(true) atau salah (false).

Contoh :
Jika sel B1=TRUE, sel B2=FALSE, sel B3=TRUE
= AND(B1:B3)
à False

=IF(AND(rata-rata>=65, rata-rata<=90,”LULUS”,”GAGAL”)
Hal ini berarti jika rata-rata sebesar 65 dinyatakan LULUS, jika rata-rata 64.5 maka dinyatakan GAGAL

Fungsi Logika OR
Menghasilkan TRUE jika beberapa argumen bernilai benar(TRUE); menghasilkan false jika semua  argumen salah

Bentuk Umum : =OR(X1,X2,X3….)

X1,X2,X3 :           kondisi yang akan diuji atau alamat sel yang              mengandung nilai logika yang menhasilkan nilai               benar(true) atau salah (false).
Contoh :
Jika sel B1=TRUE, sel B2=FALSE, sel B3=TRUE
= OR(B1:B3)       
à TRUE

Jika nilai “A” atau “B” dinyatakan LULUS, selain itu GAGAL
=IF(OR(nilai=“A”,nilai=“B”), “LULUS”,”GAGAL”)

Nested IF
Adalah IF yang berbeda dalam IF, digunakan untuk menentukan kondisi dari beberapa logika sekaligus
Contoh :
 =IF(A2<20,”KURANG”,IF(A1<30,”CUKUP”,”BAIK”))
Jika nilai A1 kurang dari 20 dinyatakan KURANG,
jika nilai A1 kurang dari 30 dinyatakan CUKUP
selain itu (lebih atau sama dengan 30) dinyatakan BAIK.


FUNGSI HLOOKUP (X,Y,Z)
Mencari nilai dalam suatu tabel atau digunakan untuk membaca tabel secara horisontal dengan menggunakan nilai kunci pembanding serta offset baris yang akan dibaca.
X :             kunci pembacaan tabel yaitu kesamaan antara tabel   anak dan tabel induk dimana tabel induklah yang harus          menyesuaikan dengan tabel anak.
Y :             nama range yang akan dibaca. Dalam pemberian       nama range, judul kolom tidak diikutkan. Judul kolom        harus diurutkan secara menaik atau ascending.
Z : nilai offset yang digunakan sebagai pembacaan pada            baris data.

FUNGSI HLOOKUP (X,Y,Z)



FUNGSI HLOOKUP (X,Y,Z)

Pada tabel anak beri nama range: caranya blok range B2:F4, kemudian pada kotak name (Name box) ketikkan nama rangenya misalnya Laporan. Kemudian tekan ENTER.
Pada tabel induk sel B3 ketikkan rumus :
=HLOOKUP(A3,Laporan,2)
kemudian drag rumus ke bawah sampai sel B7
Pada sel C3 ketikkan rumus:
=HLOOKUP(A3,Laporan,3)
kemudian drag ke bawah sel C7

FUNGSI VLOOKUP(X,Y,Z)
Digunakan untuk mencari nilai dalam suatu kolom tabel atau untuk membaca tabel secara vertikal dengan menggunakan nilai kunci pembanding serta offset kolom yang akan dibaca.
X :             kunci pembacaan tabel
Y :             nama range yang akan dibaca, dan harus dalam         keadaan urut secara menaik atau ascending.
Z : nilai offset yang digunakan sebagai pembacaan pada            kolom data.

FUNGSI VLOOKUP(X,Y,Z)
CONTOH:
Tabel anak diletakkan pada sheet1 dan tabel induk diletakkan pada sheet2.
Untuk membaca tabel terlebih dahulu harus memberi nama range. Caranya blok range A3:C7, kemudian pada kotak Name (Name box) ketikkan nama rangenya, misalnya Data. Tekan Enter untuk mengakhiri proses. Secara otomatis akan ditambahkan sebuah range dengan nama Data.

pada sel B3 Sheet2 ketikkan rumus
=VLOOKUP(B3,DATA,2)         
(membaca tabel anak dengan range DATA kolom ke 2 => Barang)
pada sel C3 ketikkan rumus
=VLOOKUP(B3,DATA,3)
(untuk membaca kolom ke 3 => Vendor)


 






BAB X

PENUTUP

X.I.      KESIMPULAN

ÿ Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS
ÿ Kegunaannya adalah sebagai berikut mengurutkan data, menjumlah sub total dan grand total, mengedit teks secara langsung di sel, menjumlah secara otomatis dengan autosum, membuat grafik secara cepat dan mudah denga fungsi chard wizard, mencetak dengan proporsi bebas
Versi
Tahun
Keterangan
2
1987
Excel semula dikembangkan untuk PC berbasiskan Apple-MacIntosh. Produk pertama bagi PC-IBM langsung memakai Versi 2.0, semata-mata untuk menyeragamkan versi Excel untuk Macintosh yang sudah mencapai versi 2.0.
3
1990
Menyertakan toolbar, kemampuan menggambar, grafik 3-D (tiga dimensi) dan beberapa tambahan fasilitas lainnya.
4
1992
Adalah versi yang terpopuler. Menyertakan banyak fasilitas tambahan lainnya. Versi Microsoft Excel for Windows dikeluarkan
5
1993
Perbaikan besar-besaran, termasuk kemampuan menampilkan beberapa lembar kerja sekaligus dalam suatu workbook.
7*
1995
Dikenal juga sebagai Excel 95. Penomoran versi langsung melompat ke versi- 7 tanpa ada versi-6, semata-mata agar terdapat keseragaman versi dengan software yang terintegrasi dalam Microsoft Office for Win’95. Versi ke-7 dari Excel dengan kemampuan 32-bit pertama walau fasilitasnya sebagian besar sama dengan versi 5.
8
1997
Dikenal juga sebagai MS-Excel 97.
9
1999
Dikenal juga sebagai MS-Excel 2000. Mengenali format bahasa HTML.
10
2001
Dikenal juga sebagai MS-Excel XP (Experience).
ÿ perbedaan Microsoft excel 2003 dan 2007 terletak pada :
v  Jumlah baris
v  Jumlah kolom
v  Bug
v  Kecepatan macro
v  Record macro
v  Pivot table
v  Macro pada workbook yang terproteksi
v  List / tabel
v  Formula
v  Penampilan grafik / chart
v  Refresh grafik / chart
v  Drag drop data pada grafik / chart
v  Membuka / menutup file
v  Export atau save as ke .dbf 
v  Kompatibilitas
v  Jumlah kondisi pada conditional formatting
v  Variasi pada conditional formatting
v  Akibat pemakaian conditional formatting
v  Toolbar
v  Pallet warna
v  Jumlah warna di workbook 
v  Penggunaan pattern pada format cell dan chart 
v  Sorting 
v  Item pada autofilter 
v  Jumlah huruf yang ditampilkan dan dicetak 
v  Cell style unik 
v  Panjang formula 
v  Maksimum loop dalam sebuah formula 
v  Jumlah argument dalam formula 
v  Interface keseluruhan 
v  Stabilitas
v  Format XML
v  . Business
v  dashboard / KPI dashboard / Performance dashboard
ÿ perbedaan Microsoft  excel 2007 dan 2010
{  Application Menu
{  Artistic Effects pada image
{  Smart art yang lebih editable dan beragam
{  Fitur video yang lebih maksimal pada Power Point

DAFTAR PUSTAKA

ü  rinoan.staff.uns.ac.id/files/2009/11/microsoft-excel-2003.pdf
ü  id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Excel
ü  subkioke.files.wordpress.com/2010/01/modul-excel-praktik.pdf
“education is an ornament is prosperity and a refuge in adversity “
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar